Kamis, 11 Desember 2014

Lebih Dekat Dengan Komunitas Stand Up Comedy Ungaran




Komedi tunggal atau lebih dikenal dengan nama stand up comedy kini tidak lagi hanya menjadi media melawak saja. Stand up comedy sudah menjadi tren utamanya di kalangan usia muda. Dengan menggunakan keterampilan berbicara sebagai senjata utama membuat stand up comedy banyak digemari. Seiring populernya stand up comedy, banyak masyarakat membentuk komunitas stand up comedy. Salah satunya di Ungaran, Kab. Semarang. Sejumlah anak muda Ungaran memutuskan untuk membentuk komunitas stand up comedy sebagai wadah menyalurkan kreativitas mereka.


 “Awalnya terbentuknya, ya gara-gara kita (Stand up Ungaran) sering kumpul-kumpul, liat-liat open mic di Semarang. Terus, waktu itu sekitar bulan puasa pas buka bersama muncul ide gimana kalo kita bikin open mic juga” Kata Valen yang akrab disapa Bolang selaku ketua Stand up Ungaran. Ia menambahkan, pada awalnya komunitas ini hanya berisikan 10 orang dan tidak semuanya merupakan comic (sebutan untuk pelawak stand up comedy). “Di awal-awal, kita juga masih nyontoh materi-materi orang lain” tambahnya.

Di awal terbentuknya Stand Up Ungaran mengadakan gelaran open mic on the street. Open mic ini diadakan di Jalan Ahmad Yani yang lebih dikenal dengan sebutan Asmara. “Waktu itu tiap malam minggu kita adain open mic, ya dipinggir jalan” ucap Valen. “Tapi Alhamdulillah, sekarang udah tampil di café-café”. Ujar Edwin, salah seorang anggota Stand Up Ungaran.
 Edwin menambahkan, keberadaan Stand up Ungaran tidak lepas dari Sarang Nenen Café. “Di sana (Sarang Nenen) bisa dibilang yang ngopeni kita dari kecil sampe bisa kaya sekarang.” “Nanti tahun baru, Insya Allah juga kita ngisi acara di sana” Lanjutnya.

Stand up Ungaran tidak melulu beranggotakan warga Ungaran. Edwin, yang juga merupakan mahasiswa Universitas Semarang atau USM, adalah orang Demak. “Karena saya kuliahnya di USM. Terus di ajak teman ya akhirnya mau gabung sini.” Ujar Edwin menjelaskan alasanya bergabung di Stand Up Ungaran.
Komunitas yang terbentuk pada 26 Juli 2014 ini setiap minggunya rutin menggelar acara open mic. “Biasanya sih tiap Jumat Malam” ucap Valen. Komunitas stand up ini terbuka bagi umum untuk mereka yang ingin bergabung atau sekedar unjuk kemampuan ber-stand up comedy. “Kita terbuka kok buat mereka yang mau” tambahnya lagi. 

Tertarik untuk unjuk keahlian ber-stand up comedy? cukup datang ke acara open mic oleh Stand Up Comedy Ungaran. Untuk info event selanjutnya jangan lupa follow @standupungaran. (RWY)

3 komentar :

  1. keren brow gimana caranya gabung dengan kalian ?//????....
    ini nope qw 085875441667

    BalasHapus
  2. keren brow gimana caranya gabung dengan kalian ?//????....
    ini nope qw 085875441667

    BalasHapus