Rabu, 07 Januari 2015

Ikon Sejarah Kota Ungaran Sulit Diakses Publik



Ungaran – Berkata mengenai ikon sejarah kota Ungaran, maka akan ditemui Benteng Willem II menjadi ikon tersebut. Tetapi ada yang tidak mengetahui bahwa dahulunya Benteng Willem II yang merupakan ikon sejarah kota Ungaran dahulunya digunakan sebagai tempat tinggal/ asrama sampai tahun.

Kemudian mulai 2007 sampai 2011 benteng dikosongkan oleh Pemda. Lalu pada 2011 Polda mengurus sertifikat dan akhirnya mulai Maret 2011 Benteng Willem II resmi menjadi milik Polri.

Tetapi ada hal yang cukup disayangkan, karena setelah resminya bangunan cagar budaya Benteng Oengaran atau Fort Willem II menjadi milik kepolisian, sekarang tak sembarangan orang bisa mengakses situs ini, karena sudah tak lagi terbuka bagi publik. Bagi yang ingin memasuki, melihat, dan mengabadikan moment di ikon sejarah kota Ungaran ini maka diperlukan surat ijin dari kepolisian.

Meskipun dengan tambahan nama menjadi Balai Pertemuan Polisi dan Masyarakat, masyarakat umum memiliki kesulitan untuk dapat masuk ke kompleks bangunan tersebut kecuali memiliki ijin akses dari kepolisian.

Dengan adanya rencana pemeritah terhadap ikon sejarah kota Ungaran ini kedepannya, ada sedikit kabar menggembirakan, karena akan adanya rencana pembukaan Benteng Willem II secara publik kembali.

Dengan digunakan sebagai Museum perjalanan Polda Jawa Tengah, Pusat penelitian sejarah, Perpustakaan, Convention Hall/ Pagelaran Budaya, Exhibiton Center/ Ruang Pameran, dan lain-lain. Dan rencana ini masih dalam tahap proses untuk dilaksanakan nantinya. Untuk kapannya kita tunggu saja. (POS)






Tidak ada komentar :

Posting Komentar