Kamis, 08 Januari 2015

Puncak Ungaran, Mempesona dan Memanjakan

Ungaran – Gunung Ungaran, keindahannya sungguh luar biasa, namun dibalik keindahannya itu ternyata juga menyimpan sesuatu yang berbahaya, sebab gunung tersebut merupakan jenis berapi tipe strato. Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dengan ketinggian mencapai 2.050 mdpl.


Gunung Ungaran mempunyai 3 puncak yang sering dijadikan check point oleh para pendakian yaitu puncak Gendol, puncak Botak dan sebagai puncak paling tinggi sebagai tujuan final yaitu puncak Ungaran.

Dari puncak gunung ini, jika memandang ke utara akan terlihat Laut Jawa sedangkan jika membalikkan badan, akan terlihat jajaran (dari kiri ke kanan) Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Kendalisodo dengan Rawa Peningnya, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Perahu.

Tidak ada catatan yang jelas mengenai aktivitas gunung ini. Namun, diperkirakan gunung ini pernah meletus pada zaman kerajaan dahulu, dengan letusan yang amat dahsyat sehingga menghancurkan dua pertiga bagian puncak dari semula sehingga yang dapat dilihat sekarang adalah hanya sepertiga bagian dari gunung Ungaran berapi purba. Diperkirakan, gunung ini sedang mengalami masa tidur panjang dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali.

Ada hal yang unik dari gunung ini, karena di daerah lereng pegunungan maka akan ditemukan sebuah situs arkeolog berupa candi Gedongsongo (gedung sembilan), tidak hanya itu kalian juga akan dimanjakan dengan adanya curug atau air terjun, diantaranya adalah curug semirang dan curug lawe.
Check point terakhir sebelum puncak Gunung Ungaran adalah adalah Goa Jepang, goa ini tidak terlalu jauh dari puncak, sekitar 200m dari puncak. Jika telah mencapai check point ini maka kelelahan selama pendakian akan serasa hilang. (RWY)


Referensi Foto: @PrasetyoWArt


Tidak ada komentar :

Posting Komentar